• Rabu, 18 Maret 2015

Share:

Cara Mengupload Template Toko Online Responsif Lokomedia Ke Hosting Gratisan

Hai Sobat Omaher..

Kali ini kami akan memberikan artikel tentang Cara Upload Template OmahWebsite Responsive yang sudah kami posting di artikel sebelumnya, kami akan memberikan sedikit info ke Sobat Omaher yang mungkin belum tahu cara upload template website ke Hosting.

Oiya, sebelumnya, Sobat sudah tahu kan yang namanya Hosting dan domain itu apa?, Okey...bagi yang belum tahu, simpelnya siy begini..

Hosting itu ibarat tempat menyimpan data website kita di dunia internet yang akan selalu online setiap waktu dan bisa diakses dari seluruh dunia selama koneksi internetnya nyambung.

Domain itu nama alamat Website, misal “www.contoh.com” , nah disini nama domain adalah contoh.com.

Jika belum mempunyai domain dan hosting, tentunya kita menyewa kepada provider domain dan hosting dengan beraneka ragam harga.

Nah begitulah sedikit tentang domain dan hosting bagi yang belum mengetahui. Dan sekarang kita lanjutken ke tutorialnya saja ya.

Disini kami menggunakan Hosting Gratisan sebagai contoh saja yaitu idhostinger.

Pertama-tama buat dahulu akun idhostinger bagi yang belum memiliki akun idhostinger, caranya : Sobat Buka situs www.idhostinger.com dan klik buat akun seperti tampilan di bawah ini :

 

Selanjutnya, setelah kita selesai membuat akun idhostinger, maka akan ada notifikasi email untuk pengaktifan akun, biasanya. Nanti dicek email saja dan ikuti langkah-langkahnya. Dan setelah sudah aktif akun idhostinger, maka sobat buka kembali web idhostinger dan login dengan email dan password sobat.

Dan jika tidak ada kendala, maka akan masuk ke halaman dashboard idhostinger.

Kemudian pilih menu Hosting dan pilih Order Hosting Baru, kemudian akan muncul halaman Paket Hosting, dan pilih Hosting yang Gratis, seperti tampilan  di bawah ini :

 

Kemudian setelah kita pilih hosting gratis, akan muncul tampilan dimana kita harus mengetikkan alamat website kita nantinya, dan disini kita hanya melakukan percobaan, dan perlu diketahui, nama domain itu sifatnya Unik, misalkan www.google.com, itu sifatnya unik, dan di dunia ini hanya 1 yang punya alamat website tersebut, ibaratnya sperti itu. Dan disini kita menggunakan contoh yaitu contohsaja.esy.es

(esy.es) itu domain gratisan saja yang disediakan secara Cuma-Cuma oleh idhostinger, oleh karenanya, kita manfaatkan sebaik mungkin untuk kita belajar membuat website. Ya kan...?.

Nah lanjut yah...di isian ini ada beberapa pilihan :

  • Ubah Tipe Domain : Kita biarkan saja, karena akan menggunakan domain gratisan, dan jika ingin menggunakan .com dsb, kita ubah yang ini menjadi domain
  • Subdomain : misalkan contohsaja atau apa terserah yang belum digunakan oleh orang lain.
  • Password : isikan password
  • Konfirmasi Password : isikan kembali password diatas

dan selanjutnya ikuti saja sampai selesai.

Kemudian jika sudah selesai, maka akan ada email pemberitahuan bahwa domain gratisan sudah aktif ke email kita.

Selanjutnya kita pilih menu Hosting kembali dan taraaaaa.....alamat website yang baru kita buat sudah ada bukan?..dan kita pilih hosting yang baru saja kita buat. Dan akan muncul halaman seperti di bawah ini :

Selanjutnya kita cari menu Import Website, dan kita klik, lalu drag atau browse ke file yang sudah sobat download berupa zip file, atau jika sudah di ekstrak maka di zip kembali. Ilustrasi gambar seperti dibawah ini :

Kemudian setelah file dipilih, kita tunggu sampai proses upload ke hosting selesai.

Dan setelah selesai kita lanjutkan cari menu database dan pilih Database MySql, maka akan muncul halaman untuk membuat database dan user yang akan mengakses database, seperti dibawah ini.

Diatas adalah pembuatan database dan user dan isian password, dan jangan lupa yah di catat user, nama database, dan passwordnya. Dan setelah selesai membuat database, kita selanjutnya, masih di menu database, kita cari menu  phpmyadmin. Dan kita klik.

Maka akan muncul ke halaman phpmyadmin idhostinger dimana kita akan mengelola database dan tabel dan sebagainya. Tampilannya seperti dibawah ini :

Dan dalam phpmyadmin, kita hanya melakukan import database yang sudah dibuat di upload ke hosting yang baru saja kita buat ini. Caranya dengan klik menu import dan arahkan file ke database omahwebsite.sql  yang sudah sepaket dengan loko-omahwebsite.zip yang sobat bisa download di artikel yang diposting sebelumnya. Dan jika sudah dipilih filenya, maka klik Go.

Maka file susunan tabel database akan muncul di phpmyadmin dan ini berarti database sudah di import dengan sukses ke hosting seperti tampilan di bawah ini :

Dan setelah itu, kita tutup phpmyadmin...

Selanjutnya adalah, kita cari menu File, dan buka File Manager  1, dan klik install jika belum diinstal. Dan tunggu hingga instalasi selesai. Setelah file manager 1 terinstal, kita buka file manager, dan akan muncul halaman seperti dibawah ini :

Pada gambar diatas tampak folder loko-omahwebsite,  dan hapus 2 file default.php dan .htacces karena ini tidak digunakan. dan kemudian folder loko-omahwebsite terbentuk dikarenakan saat proses Zip, yang di zip adalah folder, sehingga menjadi seperti itu,  dan kemudian kita buka folder loko-omahwebsite, maka akan muncul isi file-filenya. Dan kita Select All semua File dan Cut ( Pindahkan) keluar folder loko-omahwebsite.  Ilustrasi seperti gambar di bawah ini :

 

Catatan : Jika error ketika memindahkan file dengan File Manager 1, maka gunakan File Manager 2.

Ilustrasi seperti gambar di bawah ini :

Dan jika semua File sudah dipindahkan ke luar folder loko-omahwebsite, atau file-file dan folder sudah berada di public_html, maka kita buka folder config dan pilih file koneksi.php ilustrasi seperti gambar di bawah ini :

Kita edit file koneksi.php dan kita isikan :

$server : mysql.idhostinger.com

$username : username yang kita buat di menu database diatas

$password : password yang kita buat di menu database diatas

$database : nama database yang kita buat di menu database diatas

Ilustrasi seperti gambar di bawah ini, disini saya menggunakan File Manager 2.

 

Dan jika semua hal diatas selesai dilakukan dan tanpa terlewati, selanjutnya kita Test membuka website yang baru saja kita buat.

Kita buka browser dan ketikkan alamat websitenya :

Jika berhasil, maka akan muncul websitenya loh....

Selamat Mencoba, dan Semoga Berhasil.

 

 

 

Artikel Terkait :


Leave your Comment Here :
Agan yang baik selalu meninggalkan komeng

Apakah Anda Berfikir Desain Terbaik itu MAHAL, Kami Jawab "Tidak"

Omah Website adalah Layanan Jasa Pembuatan Website Profesional, dengan Biaya Terjangkau.

Anda Order, Kami Proses...


PHONE : 08788-3800-185
OFFICIAL LINE :


Apakah Anda ingin Mengadakan Meeting Sederhana dengan Tim Kami?
Kami Siap Memenuhi Undangan Anda Dalam 3 Area Kami :

Area Jakarta

Jakarta

Area Jakarta dan Sekitarnya
Area Bogor

Bogor

Area Bogor dan Sekitarnya
Area Purwokerto

Purwokerto

Area Purwokerto dan Sekitarnya